Stop! Jangan ditiup!

Hot Tea :9

Assalamu’alaykum Warrohmatullahi Wabarokaatuh

apa kabar readers?

maap ane udah lama gak update ini blog, jadi ya harap di maklumi kalau blognya usang ~_~

yah, mungkin dari pada basa-basi mulu mending langsung saja dari pada males bacanya  (yang nulis aja males2an)

Stop! Jangan Ditiup!

Sebelumnya, ane cerita sedikit pengalaman dulu nih. waktu itu ada kakak kelas ane yang bisa dibilang kakak seperjuangan yang udah mendapat gelar dokter, namanya dokter Erick. beliau mendapat pekerjaan di Rumah Sakit Siloam (yang dulunya Balikpapan Husada), sebagai dokter umum, kebetulan waktu itu kakaknya dateng ke sekolah ane dan memberikan sedikit sosialisasi tentang hal-hal yang berhubungan dengan bulan puasa (baik makanan, khasiat berpuasa, dll).

terus setelah sosialisasi tersebut selesai ada salah satu teman ane yang menanyakan “kak kenapa minuman panas jangan ditiup?”, terus kakaknya menjawab “karena rasul melarang kita untuk meniup-niup makanan dan minuman, dan kalau ingin tau lebih lanjut tanyakan pada orang ahli kimia”.

baru saja beberapa hari yang lalu ane abis makan steak (elit choy) yang puanasnya bukan main, karena saat itu ane lagi terburu-buru langsung aja ane lahap ntuh steak panas2, dan alhasil lidah ane terbakar (x__x).

setelah kejadian tersebut ane sadar, rasul mengajarkan untuk tidak terburu-buru dalam melakukan sesuatu, dan beberapa saat setelah insiden itu ane ingat dengan sosialisasi Dr. Erick, dan akhirnya membawa ane menulis artikel ini.

setelah menjelajah bersama dengan mbah gugel, ane mendapat sebuah kesimpulan kalau meniup makanan/minuman panas dapat membahayakan makanan/minuman yang kita konsumsi. kenapa?….

  • Sebelum itu simak Hadits berikut :
  • Dari Abu Qatadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika kalian minum maka janganlah mengambil nafas dalam wadah air minumnya.” (HR. Bukhari no. 5630 dan Muslim no. 263)
  • Dari Ibnu Abbas, “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang untuk mengambil nafas atau meniup wadah air minum.” (HR. Turmudzi no. 1888 dan Abu Dawud no. 3728, hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani)
  • Berikut hasil menjelajah ane bersama mbah gugel :

Dari salah satu milis kimia di Indonesia, ada yang menjelaskan secara teori
bahwa: apabila kita hembus napas pada minuman, kita akan mengeluarkan CO2 yaitu
carbon dioxide, yang apabila bercampur dengan air H20, akan menjadi
H2CO3, yaitu sama dengan cuka, menyebabkan minuman itu menjadi acidic.

  • Berikut Pendapat yang diberikan oleh seseorang yang ane temukan juga di blognya seseorang :

“Senyawa H2CO3 adalah senyawa asam yang lemah sehingga efek terhadap tubuh memang kurang berpengaruh tapi ada baiknya kalau kita mengurangi masuknya zat asam kedalam tubuh kita karena dapat membahayakan kesehatan.
Jenis asam karbonat ini juga banyak digunakan pada berbagai jenis soft drink. Dimana efek asam dapat terjadi jika terkena kontak terus menerus. Coba kita lihat pada kasus orang yang sering mengkonsumsi minuman soft drink, maka akan ada efek pengeroposan gigi atau iritasi lambung.”

jadi… udah bisa menarik kesimpulan kan?

yah mungkin cukup sekian dari ane, kalau ada yang kurang memang seharusnya seperti itu, karena kekurangan itu hanya milik kita, dan kelebihan hanya milik Allah swt.

Wallahualam bishawab

Wassalamu’alaykum Warrohmatullahi Wabarokaatuh.

Referensi:

http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2011/07/20/heitt-jangan-ditiup/

Dipublikasi di Science Qur'an | 2 Komentar

Bulan pernah terbelah!

Assalamu’alaykum Warrohmatullaahi Wabarokaatuh

Blogger kembali lagi neh.

kali ini kita bicarain benda ciptaan Alloh swt. yang sangat indah di pandang, yang biasanya sering kita pandang pada saat malam hari, yaitu Bulan.

meskipun berita ini udah lama banget beredar, tapi ane ngepost artikel ini untuk mengingatkan kembali kepada kita semua akan kebesaran sang Khaliq (maha pencipta)

Bulan pernah terbelah!

mendengar berita ini pasti kalian kaget kan? ane aja kaget kok (dulu, sekarang mah kaga :p)

tapi berita ini adalah salah satu FAKTA yang unik dan terdapat bukti yang jelas, dari badan NASA sendiri.

link-> http://apod.nasa.gov/apod/ap021029.html

apa hubungannya dengan islam?

gini nih, masih inget gak sama kisah Rasul saw. yang ketika sebelum Hijrah dari Mekkah ke Madinah? inget? enggak ya? cupu nih ye. :p

ini cerita(singkat)nya :

saat itu suku Quraisy yang meminta Rasul saw untuk menunjukan ke-Rasul-annya kepada mereka dan meminta Rasul saw. untuk membelah Bulan, dan kemudian atas kuasa Allah swt. bulan pun terbelah, suku Quraisy pun tercengang dan menuduh Rasul karena telah menyihir mereka, dan kemudian mereka bergegas beranjak dari tempat Rasul berada dan pergi ke pinggiran kota Mekkah untuk menunggu para pendatang dari luar dan menanyakan kejadian yang mereka lihat. dan ternyata eh.. ternyata… apa yang di tanyakan suku Quarisy kepada pendatang tersebut apa yang di lihat ternyata sama dengan apa yang mereka lihat. kemudian setelah kejadian tersebut ada sebagian dari mereka pun beriman dan sebagian dari mereka malah tambah mendustakannya. dan tidak lama setelah itu turunlah ayat suci Allah swt. surah AL-Qamar(54) : 1-5 (silahkan di buka sendiri ya biar sering-sering baca Al-Qur’an)

ada juga nih Hadits yang menguatkan hal tersebut.

  • Hadis riwayat Abdullah bin Masud ra., ia berkata:
    Bulan terbelah menjadi dua pada masa Rasulullah saw., lalu Rasulullah saw. bersabda: Saksikanlah oleh kalian. (Shahih Muslim No.5010)

  • Hadis riwayat Anas ra.:
    Bahwa penduduk Mekah meminta kepada Rasulullah saw. untuk diperlihatkan kepada mereka satu mukjizat (tanda kenabian), maka Rasulullah saw. memperlihatkan kepada mereka mukjizat terbelahnya bulan sebanyak dua kali. (Shahih Muslim No.5013)

  • Hadis riwayat Ibnu Abbas ra.:
    Sesungguhnya bulan pernah terbelah pada masa Rasulullah saw.. (Shahih Muslim No.5015)

padahal, hal tersebut sudah terjadi sekitar 1400-an tahun yang lalu. dan cerita tersebut baru terbukti ketika Kru Apollo 10 mendapatkan gambar tersebut pada tahun 1969.

Subahanallah! benar-benar sebuah rencana Allah swt. yang tidak bisa ditebak.

Wallahualam.

Akhiru Kalam, maaf kalau ada salah kata, karena Blogger mustahil sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah swt.

Wassalamu’alaykum Warrohmatullahii Wabarokaatuh.

Dipublikasi di Science Qur'an | Meninggalkan komentar

Beramal Baik… Jangan ditunda dong!

Assalamu’alaykum Warrohmatullahi Wabarokaatuh.

Dari judul postingan diatas udah tau kan ane mau membicarakan apa? ah masa gak tau seh? cupu ah. (gak kok becanda :p)

Yak. langsung saja.

Beramal baik… Jangan ditunda dong!

Siapa sih yang tidak mau berbuat baik? seburuk-buruknya orang pasti ada keiginan untuk melakukan hal baik. tapi… kenapa kita masih sering menunda-nunda untuk melakukan hal baik? padahal Allah swt. telah menjanjikan apabila kita berbuat baik, pasti ada saja balasan yang baik pula dari Allah swt. sesuai dengan surah An Nahl : 97. (silahkan di buka sendiri ya, supaya sering-sering buka Al-Qur’an)

Sebagai Remaja muslim yang “sehat”, kita pasti sudah dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk bukan? kalau gak tau berarti musti dipertanyakan tuh “kesehatannya” :p

tapi dari pada di bilang gak “sehat” mari kita simak Quote berikut :

Seorang sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, yang bagaimanakah orang yang baik itu?” Nabi Saw menjawab, “Yang panjang usianya dan baik amal perbuatannya.” Dia bertanya lagi, “Dan yang bagaimana orang yang paling buruk (jahat)?” Nabi Saw menjawab, “Adalah orang yang panjang usianya dan jelek amal perbuatannya.” (HR. Ath-Thabrani dan Abu Na’im)

Jadi.. udah tau kan definisi baik dan buruk menurut pandangan Rasul? (Alhamdu?lillah)

lantas amalan apa yang paling cocok untuk remaja-remaja seperti kita ini? simak lagi yuk Quote berikut :

Amalan-amalan yang paling disukai Allah ialah yang lestari (langgeng atau berkesinambungan) meskipun sedikit. (HR. Bukhari)

mau di cintai dan disukai oleh Allah swt.? makanya mulailah dengan amalan yang yang kecil-kecil dahulu, namun rutin mengerjakannya. ibarat pepatah : “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”

So…

untuk apa kita menunda-menunda untuk berbuat?,

selagi masih sempat dan jiwa raga ini masih sehat,

sebelum ajal mendekat ada baiknya kita bertobat agar selamat.

blogger jago silat, matanya bulat-bulat

jauhi nafsu Syahwat, demi mencapai sukses dunia-akhirat.

Dari Abi Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Bersegeralah melakukan amal-amal shalih, sebab akan terjadi fitnah bagaikan penggalan malam yang gelap. Di  mana seseorang pada sore hari masih mukmin namun pagi harinya telah kafir, atau  pada pagi hari mukmin dan pada sore hari menjadi kafir. Dia menjual agamanya dengan secuil kesenangan dunia.” (HR Muslim)

Akhiru kalam

Wassalamu’alaykum warrohmatullaahi wabarokaatuh.

Dipublikasi di Indahnya Islam | Meninggalkan komentar

Assalamu’alaykum Warrohmatullaahi Wabarokaatuh

Smile! 😀

Bismillahirrohmaanirrohiim.

Pertama-tama ane ucapkan puji syukur dulu sama Allah swt. karena berkat-Nya ane bisa dengan selamat membuat blog ini tanpa ada kehilangan anggota tubuh (alhamdu? lillah)

kemudian shalawat serta salam yang selalu tercurah pada Rasul kita Muhammad saw. dan para pengikutnya hingga akhir jaman, Insya Allah

Dengan dibuatnya blog ini, ane selaku penulis blog berharap agar ane mempunyai pengalaman dalam nge-blogging. (ceileh anak blog sekarang :p)

meskipun gak bagus dalam buat kata-kata, tapi insya Allah ane mau nyoba nih gimana seh rasanya nge-blog itu (apa salahnya mencoba toh..?)

pengennya sih mau update terus ini blog, tapi biasanya selalu kambuh penyakit “M”nya manusia yaitu males -_-

namanya juga gak bakat dalam menulis, ya wajar toh kalo males..?

dari pada basa basi mulu, mending langsung aja ke topik, mumpung masih newbie dalam dunia per-blog-an ada baiknya kita berkenalan dahulu.

kalo ta’ kenal maka…? apa hayoo? tak sayang? oh salah… ta’aruf dong (kenalan)

Ane perkenalan diri ane neh.

  • kenalin nama ane Yudhistira Wiradinata, biasanya sih temen-temen ane manggilnya Wira.
  • anak berumur 17 tahun yang masih ingusan (kalo pilek)
  • lahir di Balikpapan saat itu hari ke-4 lebaran (4 Syawal) di tahun 1414 H (16 maret 1994)
  • masih jadi pelajar di SMA, khususnya SMA Negri 1 Balikpapan kelas XII-IPA 2
  • Insya Allah pernah berpengalaman berorganisasi, organisasi rohis yang bernama FKPM.
  • Bekacamata, Min-nya perlu tau? oke… kiri-kanan 0,75  *gak penting
  • potongan rambut gak tau apa namanya, tapi kalo ke tukang cukur bilangnya “dirapikan aja mas”
  • Tinggi gak nyampe 200cm
  • berat gak nyampe 100kg
  • berdagang pulsa, jadi kalo mau beli pulsa sama ane aje yo, dijamin murah~ :p (halah promosi)
  • Maniac sama warna ijo, dari laptop, kacamata, profile, dll lah, tapi kolornya gak ijo kok (bah! kok ngomongin kolor seh?)

oke.

mungkin itu aje dari ane, kalo ada salah kata atau nyinggung perasaan,ane mohon maaf, kebaikan itu semata-mata hanya milik Allah swt. dan kesalahan itu datangnya dari ane sendiri, jadi kalo ada kebaikan dari ane hal itu adalah tuntunan dari Sang Qaadir (yang maha menentukan)

Jazakallahu Khairon Katsiron

Wassalamu’alaykum Warrohmatullaahi Wabarakaatuh

Dipublikasi di About | Meninggalkan komentar